SURABAYA – Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat membuat semua sektor harus bisa beradaptasi. Demikian juga dengan rumah sakit diharapkan menerapkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien dan efisiensi waktu serta biaya.
Salah satu rumah sakit yang sudah sukses menerapkan tranformasi digital adalah RSUD dr Iskak Tulungagung, Jatim. Bahkan rumah sakit ini beberapa kali telah menerima penghargaan dari pemerintah karena berhasil menerapkan teknologi digital dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
“Kami senang untuk bersama-sama dengan para penyedia solusi teknologi informasi atau digital untuk mendiskusikan berbagai inovasi dan tren dalam layanan kesehatan,” ujar Heru Eko Susanto, Sub koordinator Analsis & Monitoring Pelayanan RSUD dr.Iskak Tulungagung, dalam talkshow Pentingnya Tranformasi Digital bagi Sektor Layanan Kesehatan yang digelar PT Mega Buana Teknologi dan NettApp , Rabu(15/3).
Menurut Heru, Industri layanan kesehatan harus melakukan transformasi bisnis dan pelayanannya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi untuk mendorong peningkatan tata kelola pelayanan rumah sakit. Dia berharap pengalaman di RSUD dr. Iskak Tulungagung bisa menjadi inspirasi bagi kolega rumah sakit lainnya di Indonesia.
“Hal ini menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan efektifitas sumber daya manusia, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mengurangi biaya layanan kesehatan,” tambah Heru.
Atas keberhasilannya dalam melakuakn transformasi digital, RSUD dr Iskak Tulungagung beberapa kali menerima penghargaan. Misalnya, pada penghujung tahun 2022 menerima penghargaan Top Digital Award untuk kategori Top Digital Implementation. Penghargaan serupa juga berhasil diraih setahun sebelumnya.
Selain itu RSUD dr. Iskak Tulungagung juga meraih predikat bintang 3 dari bintang 5 dalam assesmen BPJS Trust Mark tahun 2022. Penghargaan ini termasuk dalam tertinggi untuk kategori Rumah Sakit Umum Daerah.
Penghargaan ini yang menandakan bahwa penerapan layanan TIK sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.
Keberhasilan RSUD dr. Iskak Tulungagung dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kinerjanya juga mendapat penghargaan dari Kemenkes RI. Karena berhasil melakukan inovasi pelayanan kesehatan rumah sakit yang lebih baik melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi digital. Sehingga pelayanannya lebih efektif dan efisien.
Sementara itu, Yuwono Pranata CEO PT Mega Buana Teknologi (MBT) menambahkan, pihaknya turut senang dengan keberhasilan yang diraih RSUD dr. Iskak Tulungagung. Pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi mendorong peningkatan tata kelola layanan kesehatan di seluruh Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.
“Dengan dukungan keahlian MBT dan solusi digital dari NetApp, kami hadir untuk membantu rumah sakit memberi pengalaman yang lebih baik dan kemudahan bagi pasien dalam mendapatkan layanan kesehatan,“ kata Yuwono.
Adir Ginting, Country Manager NetApp Indonesia mengatakan, seiring dengan percepatan perjalanan transformasi digital penyedia layanan kesehatan di Indonesia, volume data yang dihasilkan akan terus meningkat secara eksponensial.
Karena itu, penting bagi penyedia layanan kesehatan untuk memanfaatkan data secara lebih efisien, aman, dan real-time sehingga dapat mengembangkan dan menerapkan solusi yang berorientasi pada pasien yang inovatif dan meningkatkan kualitas keseluruhan pengalaman pasien.
“Melalui kemitraan kami dengan Mega Buana Teknologi, kami bangga dapat berperanmembantu penyedia layanan kesehatan besar dan rumah sakit seperti RSUD dr. Iskak Tulungagung dalam memodernisasi, memperluas sistem manajemen data mereka, dan pada akhirnya, melepaskan kekuatan data kesehatan,” kata Adir Ginting. (fix)